Perizinan IMB Masih Didominasi Pengusaha


Kepengurusan perizinan IMB masih didominasi oleh pengusaha. Sementara dari warga dinilai masih kurang. “Mungkin banyak warga yang masih belum menggangap penting perizinan IMB termasuk manfaatnya,” jelas Bahrudin, Kabid Pembangunan UPT Perizinan Kabupaten Malang, Minggu (18/3).   Sebab jika hunian warga sudah mengurus IMB, maka bisa memberikan  perlindungan keselamatan dan kenyamanan penghuninya, memperoleh kepastian hokum terkait keberadaan bangunan itu dan bisa menjadi salah satu persyaratan mengajukan kredit ke bank. Dicontohkan ketika ada salah satu warga yang ingin mengurus IMB ke pihaknya terkait rencana rumah barunya, setelah diberi penjelasan, ada yang keberatan soal biayanya.
“Kalau mengurus IMB di tempat kami, terkait biaya-biayanya juga sudah jelas. Mungkin selain masalah kendala anggaran, juga karena warga tidak tahu manfaatnya apa dengan mengurus IMB,” tambah Bahrudin. Sebenarnya, potensi di masyarakat masih banyak. Karena itulah, UPT Perizinan ingin melakukan mapping terkait potensi 37 perizinan yang diserahkan kepada lembaganya. Dengan begitu, maka bisa diketahui potensi pendapatannya. Menurutnya, dari 37 perizinan yang dilimpahkan ke UPT Perizinan dari sejumlah SKPD, yang terbanyak masih didominasi kepengursan IMB, terutama untuk IMB perumahan.
 Rencana melakukan mapping potensi perizinan dan aplikasinya akan dilakukan pada tahun ini dengan menggandeng pihak ketiga. Namun masih belum diketahui, pihak ketiga yang digandeng untuk kerjasama itu.  37 perizinan yang dilakukan pihaknya sepert izin usaha pertambangan eksplorasi, izin pemakaian air tanah, izin usaha peternakan, izin gangguan (HO), izin mendirikan bangunan (IMB), izin operasional rumah sakit tipe C dan D dll. “Namun dominasi perizinan terbanyak masih pada perizinan IMB. Perizinan lainnya juga ada meski tidak banyak,” ungkapnya. Dari data di UPT Perizinan pada 2011, pelayanan perizinan IMB untuk sebanyak 36 tower mencapai R 216.099.000. Sedang dari perumahan, jumlah perizinannya mencapai 2.975 izin dan mendapatkan Rp 1,1 miliar lebih.vie  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini