Karangkates Pasok Air Bersih Malang Selatan


Bendungan Karangkates diwacanakan untuk memasok air bersih di kawaasan Malang selatan yaitu Kecamatan Kalipare, Donomulyo, Pagak, Bantur, Donomulyo hingga Sumbermanjing Wetan yang selalu kekurangan air besih. Usulan itu dilontarkan oleh PDAM Kabupaten Malang yang akan diusulkan pada 2012 ke Dirjen Cipta Karya yang sudah disampaikan ke Pemprov Jawa Timur. “Air yang dipakai adalah air setelah proses untuk untuk pembangkit listrik yang kemudian bisa diolah lagi dan disalurkan untuk warga Malang selatan,” kata Samsul Hadi, Direktur Umum PDAM Kabupaten Malang disela penilaian Excelent Customer Service Award 2011  di kantornya, Rabu (30/11).
Menurutnya, tim dari provinsi sudah pernah datang melihat lokasi. Tapi nanti arahnya nanti tidak hanya untuk kawasan Malang selatan, tapi bisa hingga ke Blitar karena lokasi bendungan yang berada di Kecamatan Sumberpucung itu juga berdekatan dengan Kabupaten Blitar. Debit air bendungan itu mencapai puluhan ribu liter per detik. Katanya, jika dipakai hanya 200 liter per detik, maka sudah bisa mengaliri sekitar 20.000 sambungan rumah (SR). Namun bagaimana detil kerjasamanya, masih perlu dimatangkan lagi soal masalah tekniknya.
Yang pasti di bendungan itu nantinya ada pengolahan air baku. Tapi siapa nanti yang mengelola pengolahan air baku ini juga masih belum bisa dijabar dulu. ”Kami bisa bekerja sama dengan Jasa Tirta sebagai pengelola bendungan itu. Tapi siapa yang mengerjakan proyek itu nantinya bisa dilakukan oleh swasta, PDAM atau Pemprov Jatim,” urai Samsul. Menurutnya itu merupakan proyek jangka panjang karena sangat mungkin investasinya cukup besar. ”Soal target pelanggan untuk Malang selatan setelah ini berjalan tidak menjadi prioritas dulu. Yang penting adalah bagaimana menyediakan air bersih buat warga Malang selatan,” ujar Samsul.
Alasannya, tidak semua warga Malang selatan mampu. Untuk yang tidak mampu kemungkinan disiapkan keran umum sehingga bisa dinikmati warga. Saat ini, lanjutunya, jangkauan pelanggan PDAM di kawasan Malang selatan masih terbatas, yaitu di sekitar ibukota kecamatan. Samsul menyebut seperti Kecamatan Donomulyo baru ada 1.000-an pelanggan. ”Sisanya, warga kan ada yang berlangganan ke Hipam,” katanya. Saat ini solusi terpendek untuk memasok kekurangan air bersih warga Malang selatan dengan cara memasok air dengan tangki-tangki sambil berusaha mencari sumber air dengan menggali sumur.
”Memanfaatkan Karangkates itu rencana jangka panjang,” urai Samsul. Ide pemanfaatan air bendungan ketika ia melakukan pelatihan ke Pulau Penang, Malaysia. Menurutnya, di Penang tidak ada sungai sebagai air baku mutu. Tapi kebutuhan air bersih tercukupi dari sungai dari pulau seberangnya. ”Air dari sungai itu dibawa melalui pipa di laut sepanjang 2 Km dan dibawa ke Penang untuk diolah,” jawabnya. vie  


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini