Puting Beliung Matikan 3000 Ekor Ayam


 Puting beliung menyerang Desa Kesamben, Kecamatan Ngajum, Kabupupaten Malang pada Rabu (14/12). Sehingga rumah Arifin, warga RT 03/RW 6, bagian belakang rumahnya separuh ambruk. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 30 juta. Sementara kandang ayam milik Zainudin, warga RT 2, RW 8 mengalami ambruk total. “Akibatnya, 3000 ekor ayam di kandang itu mati semua. Kerugian untuk milik Zainudin diperkirakan mencapai Rp 50 juta,” jelas Dwi Ilham, Camat Ngajum, Kamis (15/12).
Sedang dua rumah yaitu milik Derai, warga RT 3/RW 5  dan Paimin, warga RT 3/RW 6 hanya mengalami rusak ringan pada atap rumahnya. Menurut Dwi, saat kejadian, di Ngajum sedang hujan deras disertai angin. Namun puting beliung hanya menyerang sebagian wilayah Desa Kesamben sekitar pukul 14.30 WIB. Warga pun segera melakukan kegiatan pembersihan pada lokasi yang dilakukan secara gotong royong. Sementara yang rusak ringan juga sudah langsung dibenahi.
Kejadian itu juga sudah dilaporkan ke Bupati Malang dan BPBD Kabupaten Malang.
Aprilianto, Kasi Kesiapsiagaan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang menyatakan sudah menurunkan timnya ke Ngajum. ”Masih belum tahu memberi bantuan apa. Biasanya diberi bantuan sembako dulu,” kata Aprilianto. Menurutnya, potensi puting beliung bisa terjadi di mana saja tanpa diduga. “Semua wilayah Kabupaten Malang rawan meski tidak selalu terjadi di tiap kecamatan,” ujar Aprilianto.
Namun, lanjutnya, ada kecamatan tertentu yang setiap tahun selalu disambangi puting beliung setahun sekali seperti di Kecamatan Ngajum, Kecamatan Karangploso, Kecamatan Jabung. Desa Kesamben, Ngajum termasuk salah satunya.  Namun ada juga kecamatan yang setiap tahun terjadi bencana alam puting beliung sebanyak dua kali  seperti Bululawang, Wajak, Pagelaran, Dampit dan Wagir. Pada November lalu, puting beliung juga menyerang Kecamatan Wajak, Bululawang dan Lawang. vie

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini