Jalan-Jalan ke Hutan Kota Malabar (2-habis)

Kolam reservoir yang bisa dilihat pengunjung di hutan Malabar
Di Kota Malang, taman-taman direvitalisasi dengan CSR dari perusahaan-perusahaan. Taman yang sebelumnya sudah ada dipercantik. Sehingga terkesan berbeda. Ada sedikit penambahan bangunan, namun fungsi taman ada.

Karena itu, jika ingin rekreasi dekat dan murah di Kota Malang, cukup ke taman. Di hutan kota Malabar memang beda dengan taman lainnya. Di sini, aneka pohon dibiarkan tumbuh. Sehingga rindang.

Di tempat ini pengunjung juga bisa melihat tempat penampungan air dari sekitar lokasi dan kemudian dialirkan ke Kali Oro-oro Ombo.

Ada papan informasinya mengenai kolam reservoir itu. Gara-gara itu, pikiran saya jadi melayang pada masa kecil dulu tentang Kali Oro-oro Dowo. Sejak lahir sampai SMA, saya tinggal di Oro-Oro Dowo bersama nenek saya sebelum hijrah ke Surabaya. Lokasi kali atau sungainya dekat dengan hutan kota itu. Caranya dengan masuk ke Jl Muria Kota Malang.

Jalan-jalan di antara pohon cemara
Di sana ada perkampungan. Di balik itu ada kali Oro-Oro Dowo. Kondisi kalinya makin menyempit karena rumah di sekitar bantaran juga merengsek ke kali. Dulu kalinya juga bersih. 

Sehingga mandi di sungai adalah hal yang menyenangkan. Sore hari sekitar pukul 15.00 WIB, sudah janjian mandi di sungai dengan teman-teman kampung. Ada yang membawa ban, ada yang berenang biasa. Mulainya dari kali di Jl Muria itu. 

Kemudian terus sampai Oro-Oro Dowo Gang 6. Selain menikmati aktifitas mandi, bersama  teman-teman biasanya mencari ikan di kali. Senang juga pernah mengalami masa itu. Namun sekarang ya beda. Saya melihat kalinya selain dangkal juga sudah kotor. (sylvianita widyawati)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini