Yoga-Yogi Bersekolah di SDN Sukun 2 (6)

Si kembar, Yoga dan Yogi Prakoso akhirnya memilih bersekolah di SDN Sukun 2 Kota Malang meski orangtuanya, Lilis Setyowati ingin anaknya tetap bersekolah di SDN Sitrejo 04 Wagir, Kabupaten Malang. “Sehingga besok (hari ini, Red) sekalian boyongan dari Wagir dan bersekolah di SDN Sukun 02,” jelas Zuhdi Achmadi, Bupati LIRA yang mengadvokasi Lilis Setyowati, Senin (18/7). Pilihan ke SDN Sukun 02 Kota Malang karena dipilih Yoga-Yogi karena dekat dengan neneknya. Nomor Induk Siswa (NIS) dari kabupaten ke Kota Malang juga sudah diurus.
Untuk bersekolah di tempat baru itu, siswa kelas 2 ini tidak mengeluarkan biaya apapun sampai si kembar lulus sekolah, termasuk seragam. Hal itu berdasarkan instruksi dari Kadindik Kota Malang, Sri Wahyuningtyas. Menurut Bu Yuyun, panggilan akrabnya, pihaknya membantu Yoga-Yogi karena terketuk hati nuraninya setelah melihat kasus ini di TV dan membaca di surat kabar. “Yoga-Yogi anak bangsa juga,” kata Yuyun. Suwandi, Kadindik Kabupaten Malang mengatakan karena sudah ada komunikasi, maka Yoga-Yogi bisa diterima di SDN Sukun 02 Kota Malang.
“Bagaimana lagi, anaknya minta sekolah di Sukun,” tutur Suwandi ketika bertemu di gedung dewan. Sehingga pihaknya hanya memfasilitasinya. Keinginan tetap bersekolah sudah ditampaknya dua anak itu namun tidak di SDN Sitrejo 04 Wagir meski setelah kasus surat kasek yang meminta agar orangtua si kembar memindahkan dari SDN itu mencuat pada Senin (11/7) pekan lalu. Akhirnya dari mediasi yang dilakukan oleh BKD dan Dindik Kabupaten Malang, antara kasek dan orangtua siswa, yaitu Lilis Setyowati terjadi islah pada Rabu pekan lalu.
Namun Lilis pada waktu itu memastikan tidak mencabut pengaduannya soal sekolah itu yang disampaikan kepada Bupati Malang seperti tentang dana BOS dan ketidakdisiplinan di sekolah itu yang akhirnya berujung pada permintaan memindahkan sekolah si kembar. Kemudian pada Jumat (8/7), Ombudsman Republik Indonesia (ORI) turun ke lapangan menemui Pemkab Malang, kasek dan Lilis di rumah orangtuanya di Jl Parkit Utara, Kota Malang. Pekan ini, rekomendasi ORI diperkirakan turun yang akan disampaikan kepada atasan kepala sekolah, yaitu Dindik Kabupaten Malang. vie


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini