Melimpah, Harga Ikan Jatuh


Perolehan ikan oleh nelayan di kawasan Pantai Sendangbiru, Kabupaten Malang saat ini sedang melimpah. Namun kondisi ini berdampak pada penurunan harga secara signifikan. Untuk ikan laying yang semula Rp 11.000 per kg hanya Rp 5.000 per kg. Sementara ikan baby tuna kini hanya Rp 13.000 per kg dari harga biasanya Rp 15.000 per kg. Sedang ikan cakalang yang biasanya Rp 12.000 kini hanya Rp 10.500 per kg. Sedang ikan tuna hanya tinggal Rp 27.000 per kg dari biasanya Rp 30.000 per kg. Sedang ikan lemadang yang dulu per kg Rp 15.000 menjadi Rp 10.000. 
“Dengan kondisi seperti itu, harusnya di Pantai Sendangbiru sudah mulai dibangunkan cold storage untuk mengatasi merosotnya harga seperti itu,” ujar Endang Retnowati, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang, Kamis (7/7). Dengan adanya tempat penyimpanan ikan itu, maka ikan yang melimpah itu bisa disimpan untuk mengatasi kemerosotan harga. “Dengan begitu, harga akan tetap stabil karena ditampung di cold storage. Saat sepi atau paceklik, maka bisa dikeluarkan sehingga harga di pasar tetap stabil,” ujar Atiek, panggilan akrabnya.
Selain itu, katanya, harus ada langkah strategi seperti pengaturan jarak melaut/jelajah melaut dibatasi sehingga hasil tangkapannya tidak melimpah. DKP sendiri belum bisa mengadakan cold storage karena kendala anggaran. Selain itu, lahan di sekitar Sendangbiru masih merupakan lahan milik Perhutani. Kendala lainnya soal infrastruktur dan kondisi air bersih di kawasan itu yang banyak mengandung kapur sehingga tidak terlalu baik untuk es. Karena itu, pengadaan es untuk kawasan itu masih menggunakan produk es dari daerah lain. “Usaha pemindangan juga masih kecil. Padahal itu juga mampu menjaga stabilitas harga,” ungkap Atiek.
Umar Hasan, Ketua Kelompok Nelayan Rukun Jaya Sumbermanjing Wetan menyatakan panen ikan baru dirasakan pada dua pekan terakhir ini. “Produksinya untuk semua jenis ikan antara 25-30 ton per hari,” papar Umar. Jika cuaca makin baik, ia menyakini bahwa ikan makin melimpah. Meski harga jatuh, namun harga ikan di Kabupaten Malang termasuk tidak drop dibanding daerah lain karena memakai sistem lelang. Sebab harga ikan seperti ikan layangan di Pantai Prigi, Kabupaten Tulungagung sudah turun drastic menjadi Rp 1.500-Rp 2.000 per kg. vie


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini