Nelayan Tamban Syukuran



Suasana Pantai Tamban dan  ikan yang didapat

Agar para nelayan mendapat banyak tangkapan ikan saat bekerja, nelayan Pantai Tamban, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang menggelar selamatan nelayan setiap tahunnya.

Dalam mencari ikan, nelayan dengan cara memancing atau menjaring. “Jumlah ikannya sudah mulai banyak meski sekarang masih ada yang kecil-kecil,” jelas Parno, salah satu nelayan, Sabtu (30/4/2011).

Dibandingkan dengan acara petik laut yang biasanya diadakan oleh para nelayan di Pantai Sendangbiru, selamatan warga nelayan ini lebih sederhana.

Hasil ikan dan jenis makanan lainnya disajikan bersama untuk dinikmati warga yang datang serta tamu-tamu. Menurut Parno, karena cuaca kadang tidak menentu, hasil yang diharapkan oleh nelayan kadang masih kurang.

“Biasanya, kalau sudah diadakan selamatan, biasanya ikan tangkapan sering dapat banyak. Selain itu, tujuannya biar selamat ketika bekerja,” cerita Parno yang tengah duduk-duduk di pantai.

Nelayan lain, Pratiknyo menyatakan jika cuaca bagus, maka dari Tamban bisa didapat ikan besar-besar seperti kerapu yang jika beratnya di atas 5 kg, maka per kg-nya bisa dijual Rp 35.000 ke atas. Sementara yang beratnya dibawa 5 kg, harganya sekitar Rp 20.000 per kg. 

Katanya, kalau kondisi saat ini, nelayan perahu kunting (perahu kecil) yang mencari ikan dengan memancing hanya mendapat ikan benggol dan ikan plengseng (ikan salem). Jumlah ikan diperkirakan akan makin banyak pada Agustus nanti. Adanya syukuran itu membuat suasana pantai jadi semarak oleh pengunjung yang memanfaatkan untuk jalan-jalan atau bermain laying-layang. sylvianita widyawati  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini