Jalin Silahturahmi, Pacaran Antar Provinsi


Parade peserta JPI diStadion Kanjuruhan

Menpora Andi Malarangeng membuka Jambore Pemuda Indonesia (JPI) di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang, Rabu (1/6) malam dengan meriah meski sempat disambut hujan deras. Tuan rumah JPI adalah Provinsi Jawa Timur. Gubernur Jawa Timur, Soekarwo atau akrab dipanggil dengan Pak De Karwo juga memberikan pidato yang disampaikan dengan ringan sehingga mengundang senyum bagi yang mendengarkannya. Sebab peserta JPI adalah dari 33 provinsi di Indonesia.
Salah satu sarannya adalah agar peserta JPI pacaran dengan peserta JPI antar provinsi. “Ini akan makin mempererat tali silahturahim,” kata Pak De yang disambut tawa peserta dan undangan. Ia kemudian memamerkan keunggulan peserta dari Provinsi Jawa Timur yang cantik-cantik kepada peserta JPI dari provinsi lain. “Coba lihat perempuan dari Jawa Timur. Cantik-cantik, kan? Itu masih belum pakai benges (lipstik, Red). Apalagi kalau sudah pakai benges,” tuturnya. Para peserta JPI umumnya sudah lulus SMA, kuliah bahkan ada yang bekerja.
Acara pembukaan juga dimeriahkan dengan parade kontingen JPI dari berbagai provinsi. MC Oven Tobing bisa membangkitkan kemeriahan acara parade dan atraksi sepakbola api yang disajikan di acara pembukaan itu. Selain itu juga ada atraksi dari Menwa se Jawa Timur. Andi Malarangeng ketika melihat parade itu sempat diberikan bingkisan berisi salak dari kontingen Provinsi Daerah Istimewa Jogjakarta yang berpakaian ala prajurit Keraton Jogjakarta.
Setelah resmi membuka, Andi juga sempat melihat stan-stan pameran di halaman luas stadion. Pada Kamis pagi, pria berkumis ini juga melakukan aksi menanam pohon bersama Bupati Malang berupa 1.500 pohon trembesi di sekitar areal stadion tempat dilaksanakannya acara itu. Selain tanam pohon, Andi Mallarangeng menyempatkan melihat fasilitas MCK umum di lokasi perekemahan peserta.”Pak Bupati ini persiapannya berapa hari kok sudah lengkap semua begini,” katanya sembari memuji Rendra. Dua pekan sebelum pembukaan, panitia memang sudah ngebut mengerjakan fasilitas umum itu karena jumlah peserta mencapai lebih dari 800 orang.
Tenda kontingen juga didatangi untuk disapa penghuninya untuk memberi semangat. Maklum, JPI baru berakhir pada 6 Juni nanti. Kami malam, perwakilan tiap provinsi yang berjumlah dua orang juga diundang oleh Bupati Malang dalam kegiatan ramah tamah yang diadakan di Pendapa Kabupaten Malang. Sementara kegiatan studi duta wisata juga akan dilakukan di Kota Batu dan rencananya diterima oleh Wali Kota Batu. Dengan adanya kegiatan seperti duta wisata, maka akan terjadi pertukaran informasi, budayadi antara mereka. Selain itu juga ada kegiatan outbond, parade budaya dsb. vie


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini