Taman Sare Sumenep

Suasana di Taman Sare Sumenep
Taman Sare adalah bagian yang saya kunjungi di areal museum kraton Sumenep, Minggu (12/2/2017). Ada pintu gerbang bertuliskan Taman Sare. Guide mengajak kami masuk. Di sana kami melihat kolam besar dan ada tangganya.

Warna cat kolamnya biru. Airnya tidak penuh. Saya melihat ikan-ikan besar. Ada seperti lele besar, ikan lohan dan ikan hitam yang besar sekali. Menurut guide itu, ikan hias warna hitam besar adalah khas dari pantai di Sumenep.

Saya lupa pantai apa. Mungkin Pantai Slopeng. Airnya terlihat jernih. Namun dibawah kolam banyak kotoran ikan. " Silahkan kalah kamu cuci muka atau membasuh kaki. Hati-hati ya.... Soalnya lunyu..licin," kata dia lewat pengeras suara. Untuk ke kolam,ada dua pintu masuk. Masing-masing pintu ada tujuannya.

 Ada yang ingin jabatan, ada pintu yang ingin lebih dekat dengan Allah. Saya pilih pintu terakhir karena paling sepi. Semua menuju ke pintu pertama. Senang sekali melihat ikan-ikan itu. Menurut guide, keberadaan ikan itu ada yang dari pengunjung yang memang ingin memberi ikan di kolam itu. Kolam itu, dulunya juga untuk tempat mandi. Sumber airnya masih terlihat dari bawah. Di areal itu juga disediakan gasebo untuk sholat. Sylvianita widyawati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini