Potensi Pengangguran 500 Orang/Tahun


Jumlah pengangguran di Kabupaten Malang saat ini mencapai 59.000 orang.  Sementara potensi pengangguran sekitar  500 hingga 1000 orang per tahunnya. Angka itu diperoleh dari asumsi para pencari kerja di Kabupaten Malang lewat instansinya. “Mereka rata-rata lulusan SMA yang mencapai 75 hingga 80 persen dari para pencari kerja,” ujar Syakur Dalu, Kabid Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Malang, Minggu (5/2).
Sementara sisanya, sekitar 20 persen adalah lulusan SMP dan perguruan tinggi (PT). Namun jumlah pencari kerja dari lulusan PT juga relatif kecil/sedikit. Menurut Syakur, mereka mencari ke luar negeri juga ke antar daerah lain. Karena sudah memiliki pendidikan yang relatif lumayan, para pencari kerja itu menyasar kepada pekerjaaan di sektor formal. Untuk yang keluar negeri, mereka bekerja ke kawasan Asi` Tenggara seperti Singapura, Malayasia dan Thailand.
Pada 2011, para pencari kerja itu banyak yang terserap ke luar negeri mencapai 300-an. Sementara yang diterima antar kerja antar daerah (AKAD) mencapai 150-an. Para pencari kerja itu lewat Disnakertrans itu umumnya berada di Kecamatan Kepanjen, Gondanglegi, Turen dan Sumberpucung. Angka pengangguran bertambah karena setiap tahunnya terjadi kelulusan pada siswa. Namun tidak semuanya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Ada juga yang memutuskan bekerja setelah menyelesaikan pendidikan SMA-nya. vie  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini