Rehab Kelas DAK Diperkirakan Selesai Maret



Rehabilitasi sekolah yang mendapat DAK pendidikan 2011 nampaknya sangat sulit bisa diselesaikan pada pertengahan Februari atau akhir Februari ini. Padahal ini juga sudah molor dari rencana semula yang ingin diselesaikan hingga pertengahan Januari 2012. Alasannya yang dipakai oleh rekanan ketika mengajukan perpanjangan pengerjaan rehab DAK adalah masalah hujan. Selasa (7/2), Komisi D DPRD Kabupaten Malang melakukan sidak realisasi DAK di Kecamatan Pagelaran. Di SDN Balearjo masih mencapai sekitar 50 persen. Rangka galvalum sudah dipasang tapi belum dipasangi genteng.
Sehingga otomatis masih belum mengerjakan bagian dalam kelas. ”Kalau ini ya sangat tidak mungkin bisa selesai sampai akhir Februari ini,” jelas Reni Purwiningtyas, anggota Komisi D DPRD Kabupaten Malang yang meninjau lokasi SDN itu. Ia juga menyoroti kualitas bahan bangunannya seperti kusen-kusen kayunya yang meski baru tapi kualitasnya kurang bagus. Sehingga mudah patah. Begitu juga pelaksanaan pembangunan DAK di SDN Sidorejo 4 Pagelaran. Boimin, mandor pekerjaan itu menyatakan kemungkinan juga baru bisa menyelesaikan pada Maret.
”Sebenarnya bisa sampai akhir Februari ini tapi dengan catatan pengiriman materialnya juga lancar,” ujar Boimin. Kini, di sekolah itu sedang proses memasang keramik di kelas. Yang menjadi kendala lainnya adalah pengerjaan DAK untuk tiga lokal kelas itu hanya memakai lima pekerja. Menurut Boimin, untuk kusen-kusen jendela, pihak sekolah tidak mau diganti karena kayu kampernya masih bagus. Tapi daun pintunya akan diganti. Begitu juga kaca-kaca lama yang masih baik tetap dipakai, yang pecah/rusak akan diganti. ”Kami mengerjakan di sini sejak 10 Desember 2011 lalu,” urai Boimin. Begitu juga di SDN Pagelaran 01. Menurut Riyanto, pelaksana lapangan menyatakan pengerjaan baru dilaksanakan sejak 25 November 2011 untuk lima kelas senilai Rp 352 juta.
Ia menyatakan baru bisa menyelesaikan pada awal Maret nanti. ”Padahal ini juga sudah lembur sampai menjelang magrib. Kalau minggu, kita juga bekerja kok,” kisahnya. Pekerjanya sebanyak 20 orang. Begitu juga di SDN Pagelaran 02 nampaknya juga dikebut untuk diselesaikan. ”Rencananya memang harus bisa selesai hingga akhir Desember 2011 tapi masih belum selesai,” ujar Siti Munasaroh, Kepala SDN Pagelaran 02. Dindik Kabupaten Malang sendiri menilai penyelesaian secara umum rehab DAK mncapai 80 persen meski kontrak kerjanya berakhir pada 31 Desember 2011. Perpanjangan hingga pertengahan Februari nanti sebagai bentuk toleransi karena alasan gangguan cuaca dan kesulitan bahan bangunan. Komisi D pada 29 Februari akan kembali memanggil Kadindik Kabupaten Malang terkait realisasi DAK. vie


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini