Rp 15 Miliar Infrastruktur Jelang Pramuka Asia





















Surya/sylvianita w
COMDECA-Patung selamat datang menyambut kegiatan Comdeca (Community Development Camp) beberapa tahun lalu menuju Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang.

MALANG-Sebanyak Rp 15 miliar akan dikucurkan untuk pembangunan infrastruktur menjelang pelaksanaan kegiatan pramuka Asia yang akan dipusatkan di Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang. Anggaran dari APBN itu dilewatkan ke Kwarnas Pramuka. Kemudian disalurkan ke Kwarda-Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang. ”Anggaran belum turun, tapi sudah ada MoU,” jelas Suwandi, Kadindik Kabupaten Malang, Minggu (19/2). Diharapkan pada April/Mei ini, anggaran itu sudah turun.
Sehingga pihaknya bisa mempersiapkan pembangunan fisik yang diperlukan, seperti infrastruktur jalan untuk arena kegiatan, pembangunan perpustakaan umum, monumen pramuka dunia. Selain itu juga museum dan gedung olahraga. Sehingga ia memperkirakan, kegiatan kepramukaan dunia disana baru dilaksanakan pada awal tahun 2013. Sementara kegiatan fisik pendukungnya diharapkan selesai hingga akhir Desember 2012. Sedang M Anwar, Kadis Bina Marga Kabupaten Malang menyatakan infrasturktur jalan ke desa itu sudah mencapai 15 Km.
”Untuk mendukung kegiatan itu, kami sudah membuat perencanaan pada tahun ini,” ujar Anwar. Bentuknya berupa perawatan jalan. Tapi pihaknya masih perlu melihat lagi apakah disana sudah memakai hotmix atau aspal biasa. Desa Lebakharjo, memiliki arti bagi pramuka karena di desa yang berada di pesisir selatan Kabupaten Malang itu pernah dijadikan lokasi perkemahan pramuka dunia pada 18 Juni sampai 29 Juli 1978 se Asia Pasifik. Kemudian pada 26 Juli hingga 8 Agustus 1993, Lebak Harjo menjadi lokasi Community Development Camp (Comdeca).
Para utusan pramuka sedunia pada waktu itu  membangun jalan tembus Lebak Harjo ke Lebakroto. Mereka juga mengeraskan jalan Lebakharjo-Licin dan melakukan kegiatan fisik lainnya. Berkat mereka, kegiatan warga untuk menjual hasil buminya jadi terbuka. Bekas-bekas kegiatan Comdeca saat ini masih ada seperti gedung sekretariat panitia, rumah peristirahat Presiden Soeharto hingga prasasti. vie


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini