Tiga Kecamatan Rawan Semeru Digelontor 9000 Masker


Setelah Desa Argoyuwono, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang mendapat bantuan masker, giliran tiga desa di tiga kecamatan lain mendapat pasokan masker, Jumat (10/2). Hal ini sebagai dampak dari peningkatan aktivitas Gunung Semeru. Tiga desa yang medapat pasokan masker  sebanyak 9000 buah yaitu  Desa Tamansari, Kecamatan Ampelgading. Kemudian Desa Taman Satriyan*Kecamatan Tirtoyudo serta Desa Mbambang, Kecamatan Wajak. “Masing-masing desa mendapat 3000 masker,” jelas Hafi Lutfi, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Malang, Jumat (10/2).
Menurut Hafi, dengan kondisi saat ini karena gejolak Gunung Semeru, yang merasakan dampaknya masih Desa Argoyuwono. ”Namun kami juga mengantisipasi desa-desa lainnya. Kalau diperlukan, kami juga siap memasok masker lagi baik dari PMI, Dinkes atau BPBD sendiri,” ungkap Hafi. Di Desa Argoyuwono pada Jumat masih turun hujan abu meski tipis dan langitnya agak hitam. Pihaknya juga akan menyusun langkah evakuasi pada masyarakat di sana jika terjadi apa-apa. ”Kami segera ke perangkat desa terkait evakuasi. Namun kami juga khawatir jika warga panik,” paparnya.
Yang jelas, posko satgas penanggulangan bencana di kecamatan dan desa-desa yang terkena dampak Gunung Semeru sudah mulai diaktifkan agar bisa memantau terus kondisinya, baik pantauan awan panas, udara dll. Dengan begitu, BPBD bisa segera menindaklanjutinya. Selain itu, pihaknya juga melibatkan LSM pendaki semeru yaitu ’Laskar Semeru’ bersama staf BPBD. Dari pantauan di lapangan itu kemudian dilaporkan ke pihaknya sehingga bisa segera direspons dengan tindakan. Desa-desa yang diperkirakan mendapat dampak Gunung Semeru untuk Kecamatan Ampelgading yaitu Desa Tamansari, Desa Argoyuwono, Desa Mulyosari dan Desa Lebakharjo. Sedang di Kecamatan Tirtoyudo yaitu Desa Taman Satrian. Sementara di Kecamatan Wajak yaitu Desa Mbambang, Sedang di Kecamatan Poncokusumo yang terkena dampaknya yaitu  Desa Sumberejo dan Desa Pandansari. vie

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini