Puluhan Anak Terserang Cacar Air



Anak-anak yang terserang cacar air di Ds Gondanglegi Kulon
Anak-anak di Dusun Penjalinan, Desa Gondanglegi Kulon, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang banyak yang terserang penyakit cacar air. Dalam kurun waktu tiga bulan terakhir bergantian mengenai anak-anak di dusun itu yang berada di RT 39-42/RW 4. M Yasin (11), warga RT 42 mengaku baru lima hari kena cacar air. Tapi ia nampak masih bermain bersama teman-temannya di halaman rumah tetangganya. ”Belum pernah ke dokter. Nanti sembuh sendiri,” jawab Yasin ketika ditanya apakah ia sudah pernah ke dokter/puskesmas untuk mengobati cacar airnya, Selasa (29/11).
Katanya, cacar air menyerang di bagian perutnya dan kemudian menyebar di bagian tubuhnya yang lain. Bahkan di sejumlah bagian tubuhnya masih tampak bentol-bentol berupa cairan yang masih belum kering. Diperkirakan di RT 42 saja sudah menyerang ke 12 anak.  Sedang Muslihah, ibu dari si kembar Achmad Rizal dan Achmad Rizul (7,5) sudah terserang cacar air sejak pekan lalu. ”Sudah saya bawa ke puskesmas begitu mereka terkena sakit itu,” kata Muslihah, warga RT 41. Untuk mengobati gatalnya, ia membeli salep.
”Anak-anak saya memang belum pernah terkena cacar air. Karena sakit ini ya akhirnya tidak masuk sekolah daripada nanti menular ke teman-temannya,” urainya. Anak kembar ini bersekolah di MI Darul Ulum kelas 2. Meski kondisinya sudah agak membaik, tapi mereka  masih belum bersekolah dulu. Sedang Rizky (10), warga RT 41 juga sudah berobat ke mantri. Mashudah, ibu dari Luluk Mukaromah, warga RT 41 juga telah membawa anaknya ke puskesmas.
”Awalnya Luluk juga panas, batuk, pilek. Tapi setelah demannya turun, malah keluar cacar air ini,” katanya. Untuk gatal cacar airnya, puskesmas memberi salep. Begitu juga Syahrul, Ilham dan Dafa yang tinggal di RT 40 juga terserang cacar air. Luluk sudah mengalami sakit cacar air sejak seminggu terakhir meski kini sudah berangsur membaik. ”Untung bintik-bintiknya agak kecil. Selama sakit cacar air, saya juga tidak berani memandikan,” urai Mashudah.
Dr Arbani  Mukti Wibowo, Plh Kabid Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Menular Dinkes Kabupaten Malang menyatakan sejauh ini belum ada laporan terkait banyaknya anak yang terkena cacar air dari Gondanglegi. ”Nanti saya cek lagi,” janji dr Arbani dihubungi terpisah. Menurutnya, cacar air mudah menyerang anak-anak terutama jika kondisi anak sedang drop. ”Cacar air disebabkan oleh virus varicella dan mudah menular,” ujarnya.
Tapi katanya, cacar air tidak hanya sekarang tidak hanya menyerang pada anak-anak, tapi sudah ke orang dewasa. Kata Arbani, jika dulu ada anggapan sekali terserang cacar air tidak akan kena lagi, tapi penyakit ini bisa menyerang lagi karena berkaitan dengan kekebalan tubuh. Untuk mempercepat penyembuhan harus dibantu dengan asupan makanan yang bergizi. vie

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini