Dewan Pengupahan Survei KHL di Tiga Pasar


MALANG-Dewan Pengupahan Kabupaten Malang akan melakukan survei KHL (Kebutuhan Hidup Layak) di tiga pasar di Kabupaten Malang. Tiga pasar itu yaitu Pasar Lawang, Pasar Singosari dan Pasar Kepanjen. Dewan Pengupahan terdiri atas perwakilan serikat pekerja, pengusaha, akademisi dan pemerintah yang diwakili oleh Disnaker dan Transmigrasi Kabupaten Malang.  “Kemungkinan kami akan melakukan survei menjelang datangnya Ramadhan  nanti dan sesudah lebaran,” jelas Djaka Ritamtama, Kadisnaker dan Transmigrasi Kabupaten Malang, Sabtu (16/6). 
Dipilihnya tiga pasar itu karena seluruh item yang dibutuhkan untuk kebutuhan survei ada di pasar itu. Survei KLH meliputi 46 komponen, yaitu perumahan, makanan dan minuman, sandang, pendidikan, kesehatan, transportasi, rekreasi dan tabungan. Menurut Djaka, dipilihnya survei menjelang Ramadhan biasanya harga-harga cenderung naik mendekati moment itu. Sedang sesudah Lebaran, karena biasanya harga sudah relatif stabil. Dengan perbandingan itu, maka bisa diperolehan komparasi harga atas sejumlah item yang menjadi bahan survei.
 Dari hasil itu, biasanya keluar angka KHL. “Mudah-mudahan survei harga untuk menentukan UMK 2013 ini bisa berjalan lancar,” ungkap Djaka. Pada saat survei KHL pada tahun lalu mendapatkan angka Rp 1.089.295,714. Kemudian dari angka itu ditambah dengan perkiraan inflasi, akhirnya keluar angka UMK 2012 pada waktu itu sebesar Rp 1.130.500. “Targetnya, pada 20 November nanti, Kabupaten Malang sudah menyodorkan angka UMK 2013 ke Gubernur Jawa Timur,” urainya.  UMK Kabupaten Malang pada 2011 sebesar Rp 1.077.600 atau mengalami kenaikkan sebesar Rp 52.900 ketika ditetapkan UMK 2012. Sylvianita Widyawati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini