Nelayan Sendangbiru Lepas Paceklik


MALANG-Nelayan Sendangbiru yang berada di Desa Tambakrejo, KecamatanSumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang sudah mulai melaut lagi pada Juni ini karena ombaknya sudah mulai bersahabat. Sehingga mereka sudah mendapat penghasilan lagi.  “Sekarang nelayan di Sendangbiru sudah mulai membaik. Setidaknya dari biaya operasional dan pendapatan masih ada untungnya,” tutur Umar Hasan, Ketua Kelompok Nelayan Rukun Jaya Sumbermanjing Wetan, Selasa (12/6). Ia mencontohkan jika biaya operasional pencarian ikan mencapai Rp 8 juta, namun dari perolehan hasilnya sebanyak Rp 10 juta. Sehingga ada selisih Rp 2 juta yang menjadi keuntungan.
 Masa paceklik dialami nelayan sejak Desember 2011 hingga Mei 2012 lalu. Namun pada Mei, masih ada sejumlah nelayan yang nekad melaut dengan kondisi ombak tinggi meski hasilnya tidak seberapa.  “Tapi paling parah memang kondisi April lalu. Ombaknya mencapai empat meter sehingga nelayan tidak berani melaut,” urai Umar.  Jumlah nelayan di Pantai Sendangbiru mencapai 3.600-an orang dengan jumlah kapal 580-an. Dengan kondisi laut yang sudah bersahabat, nelayan juga mudah mencari ikan dengan harga ikan yang relatif kondusif.  
Di Sendangbiru terkenal dengan hasil ikan tuna, baby tuna, cakalang dan tongkol. Harga ikan tuna per kg sudah mencapai Rp 50.000. Sedanbg ikan baby tuna mencapai Rp 20.000 per kg. Sedang ikan cakalang sebesar Rp 14.000 per kg dan harga ikan tongkol mencapai Rp 8000 per kg. Meski kondisi nelayan di Pantai Sendangbiru sudah membaik, namun rencana pengedropan beras bantuan bencana dari pemerintah pada minggu ini dinilai masih relevan. “Masih banyak nelayan Sendangbiru yang kekurangan,” katanya.
Karena itu, dari sebanyak 3.600 nelayan, yang mendapat beras bantuan bencana dari pemerintah per KK sebanyak 28 kg secara gratis juga diberikan kepada 900-an nelayan yang bdnar-benar membutuhkan atau yang hidup pas-pasan. Misalkan masih menumpang tempat tinggalnya. Dinsos Kabupaten Malang pada minggu ini akan mengirimkan 20 ton beras untuk nelayan di Pantai Tamban dan Pantai Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.  Menurut Umar, bantuan beras 28 kg per KK bisa membantu nelayan selama 14 hari untuk memenuhi kebutuhan makan keluarganya. Sylvianita Widyawati 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini