Pendaftar SMPN 1 Singosari Ditawari SMPN 4


Sekolah Negeri di Kabupaten Malang
SMPN = 67 lembaga   ,    SMAN =17 lembaga
SMKN =7 lembaga   ,  SDN =1.115 lembaga
Sumber: Dinas Pendidikan Kabupaten Malang

MALANG-Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) pada tahun ajaran baru ini di Kabupaten Malang  seretak dilaksanakan mulai 25-28 Juni serta 2-3 Juli mendatang . Secara serentak, pendaftaran itu untuk PPDB tingkat TK, SD SMP-SMA-SMK. Tahun ini, di PPDB di Kabupaten Malang mendapat tambahan sekolah negeri baru yaitu SMPN 4 Singosari yang berada di Desa Tunjungtirto. Namun sekolah ini masih memiliki dua ruang kelas, dimana setiap ruang kelas, hanya menerima rombongan belajar sebanyak 36 orang. Dengan beroperasinya  SMPN 4 Singosari, maka jumlah SMPN di Kabupaten Malang menjadi 67 lembaga.
“Sekolahnya sudah siap dioperasional, namun masih menunggu izin kelembagaan dari Pemkab Malang,” tutur Pudianto, Kabid Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Minggu (3/6).  Guru-gurunya , lanjut Pudi, juga sudah siap. Namun untuk kepala sekolahnya masih belum dipilih. Karena masih baru meski potensi dilirik calon siswa sangat besar, namun sekolah ini, tambah Pudi, masih perlu disosialisasikan dulu. Sehingga SMPN 4 Singosari tidak membuka pendaftaran sendiri. “Sehingga pendaftaran di SMPN 4 Singosari masih kita titipkan lewat sekolah induknya yaitu SMPN 1 Singosari,” tutur Pudi.
Skemanya nanti, jika ada pendaftar yang tidak diterima di SMPN 1 Singosari ditawari ke SMPN 4 itu. Tapi kalau ada yang tertarik mendaftar ke SMPN 4 Singosari langsung juga tidak apa-apa.  Lokasi SMPN 4 Singosari berada dalam satu kompleks sekolah di Desa Tunjungtirto dimana terdapat SMKN 2 Singosari dan TK Negeri Pembina Singosari.  Terpisah, Wahyudi,Kabid TK SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang menyatakan untuk PPDB SD  tidak ada perubahan signifikan.  “Perubahan secara mekanisme untuk PPDB bagi TK dan SD tidak ada,” jelas Wahyudi.  Untuk SD, lanjutnya, harus memprioritaskan calon siswa yang berusia 7-12 tahun.
“Jika ada yang tersisa, barulah bisa menerima siswa berusia dibawah tujuh tahun, yaitu 6 tahun. Namun jika belum terpenuhi, maka anak usia 5,5 tahun bisa diterima asal sudah mendapat rekom dari konselor sekolah,” urai Wahyudi. Menurutnya, ada anak-anak usia 5,5 tahun namun memiliki kecerdasan yang baik. Setiap kelas, untuk SD, jumlah rombongan belajarnya sebanyak 36 anak/kelas. Dijelasnya, dipastikan ada SDN tertentu akan kekurangan murid karena harusnya sudah dimerger. Namun ia tidak menyebut SDN itu.
Dari informasi di Dindik Kabupaten Malang, untuk seleksi danpengolahan dijadwalkan pada 4 Juli dan diumumkan hasilnya pada 5 Juli.  Sedang jadwal daftar ulang pada 5-6 Juli 2012. Penerimaan cadangan pada 7 Juli dan tahun ajaran baru dimulai pada 9 Juli. Sementara persiapan dan pelaksanaan masa orientasi sekolah (MOS) mulai 9-11 Juli mendatang. vie

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini