Mobil M-PLIK Bisa Bantu Program eKTP


MALANG-Kabupaten Malang mendapat bantuan 10 mobil pusat layanan informasi kecamatan (MPLIK) dari Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemeninfo). Bantuan mobil itu diserahkan dari Kemeninfo di Balai Desa Gadungsari, Kecamatan Tirtoyudo, Sabtu (16/6) . Setiap mobil nanti bisa difungsikan untuk melayani empat kecamatan. Penyerahan itu dilakukan oleh Marwoto, staf ahli Menteri Komunikasi dan Informasi kepada Bupati Malang.  “Dengan adanya bantuan ini, selain bisa mencerdaskan masyarakat, juga bisa kami manfaatkan untuk pelayanan e KTP,” kata Rendra Kresna di sela acara.
Saat ini, Kabupaten Malang sedang dalam pelaksanaan perekaman data e KTP dengan jumlah wajib KTP mencapai 2,2 juta orang. Kendala jaringan pada sejumlah wilayah di Kabupaten Malang terjadi karena topografinya.  MPLIK dioperasionalkan dengan jaringan satelit dan V-SAT. Hadir dalam penyerahan itu nampak Nurhayati Ali Assegaf, anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat. Menurut anggota dewan dari dapil Malang Raya ini, Kabupaten Malang perlu mendapatkan bantuan mobil ini karena ada wilayahnya yang pelosok sehingga jauh dari jaringan internet.
“Saya berharap dengan adanya MPLIK ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Caranya lewat pendidikan, lewat teknologi,” kata Nurhayati. Apalagi selama ini selalu ada keluhan dari masyarakat terkait pemasaran produknya.  “Kalau ada internet kan bisa mengakses informasi ke berbagai negara dan bisa saling tukar informasi,” paparnya.  Dalam satu unit MPLIK terdiri atas enam laptop, satu server, 1 TV LCD, satu sound system dan satu printer. Tak hanya melayani kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan informasi, fasilitas di mobil ini juga bisa dimanfaatkan oleh ibu-ibu untuk membayar listrik, telepon dll.
Menurut Nurhayati, Kabupaten Malang pantas mendapat 10 MPLIK karena luasnya wilayah dan terdiri dari 33 kecamatan. “Kota Malang dan Kota Batu juga akan mendapatkan MPLIK masing-masing tiga buah,” katanya. Selama empat tahun kedepan, MPLIK akan mendapat anggaran perawatan dari Kemeninfo). Sylvianita Widyawati


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini