Pantai Kabupaten Malang Butuh Mangrove


MALANG- Pantai-pantai di Kabupaten Malang minim tumbuhan Mangrove (bakau) yang membuat rawan abrasi. Untuk itu, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang berusaha meminta anggaran kepada pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Timur untuk memfasilitasi abrasi. “Tahun ini kami berusaha meminta lagi. Sebab jika hanya mengandalkan dari APBD sangat terbatas anggarannya,” ujar Endang Retnowati, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Malang, Kamis (7/6).  Setidaknya, lanjutnya, jika mengajukan ke DKP Provinsi Jawa Timur, pihaknya bisa berbagi anggaran.
Menurut Atik, panggilan akrabnya, di Kabupaten Malang ada 20 pantai di Kabupaten Malang yang perlu tanaman Mangrove. Sebab pantai-pantai selatan konturnya berbeda dengan pantai utara. Jika di pantai utara, habisnya Mangrove karena banyak dimanfaatkan untuk usaha tambak. Sedang di pantai selatan penyebabnya karena kikisan ombak. Data di DKP Kabupaten Malang, luasan dan kondisi Mangrove pada 2011 di  pantai-pantai yang berada di enam kecamatan ada Mangrove yang masih dalam kondisi baik, rusak berat dan rusak ringan.
Yang mengalami rusak berat, perlu usaha untuk memulihkan itu dengan program rehabilitasi
Total luas lahan mangrove di 12 pantai di enam kecamatan yaitu Kecamatan Ampelgading, Tirtoyudo, Sumbermanjing Wetan, Gedangan, Bantur dan Donomulyo mencapai 344 hektare. Yang dalam kondisi baik mencapai 150, 1 hektare. Sedang yang rusak berat mencapai 165 hektare dan yang mengalami rusak ringan sebanyak 29,4 hektare.  Sementara yang sudah menjalani proses rehabilitasi dengan ditanami Mangrove mencapai 20,8 hektare dengan menanam sebanyak 39.500 batang. Hal itu dilakukan sejak 2006 hingga 2011. “Pada 2011, kami menanam Mangrove sebanyak 27.000 batang,” pungkas Atik. Sylvianita Widyawati

Komentar

  1. Hi. Salam Kenal.
    Dapatkah saya mendapatkan informasi atau contact PIC perihal hal tersebut? Saya ingin melakukan aksi penanaman mangrove di lokasi malang yang tersebar di beberapa kecamatan tsb. Mohon agar dapat segera mengirimkan saya email. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, saya baru balas. sangat telat sekali ya, he..he. bisa ke dinas perikanan dan kelautan kab malang

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini