Pilkada Kabupaten Malang 2015

Ini ada catatan tertinggal, he.he. Sepanjang 2015, momen paling besar adalah adanya pemilihan Bupati Malang. Pelaksanaannya pada 9 Desember 2015. Sehingga tahapan pilbup lumayan lama. Banyak berita saat itu. Ada tiga pasangan calon yang bertarung. Yaitu Rendra Kresna-Sanusi, Dewanti Rumpoko-Masrifah dan Nurcholis-Mufidz.

Incumbent Bupati Malang Rendra Kresna saat pilkada di TPS
Saat pelaksanaan pada 9 Desember 2015, kebetulan ada penugasan dari redaktur. Tiap paslon ada yang mengawal saat pencoblosan. Saya hanya ditugaskan meliput Rendra Kresna.

Saya berangkat ke rumahnya di Kecamatan Pakis bersama teman saya. Di rumahnya ternyata sudah ada banyak teman yang datang duluan. Ya, seru saja. Akhirnya bisa bertemu teman-teman Kabupaten Malang lagi.
Data sementara saat penghitungan cepat Pilkada Kab Malang

Saya dkk mengikuti keluarga incumbent ke TPS. Lokasinya tidak jauh dari rumahnya. Sehingga mereka hanya berjalan kaki. Tak lama saya berada di sana.

Setelah sempat wawancara dan melihat suasana coblosan, saya juga liputan lain. Namun pada siang hari, saya memantau quick count yang diadakan LSI di Hotel Gajahmada.

Pada 2010, saat ada pilkada, saya juga memantau hitung cepat. Waktu itu kegiatannya di ruang Panwaslu di Pakisaji. Tak perlu waktu lama, saat itu, saya bisa mengetahui pemenangnya. Waktu itu yang menang Rendra Kresna-A Subhan.

Begitu juga saat ada hitungan cepat di hotel itu. Incumbent akhirnya menang dari perolehan suara itu. Namun menurut saya perolehan suaranya kurang banyak. Ini karena warga juga banyak tidak datang ke TPS. sehingga mempengaruhi perolehan suara yang datang.

Beberapa kali survei, Rendra memang unggul. Tapi itu dengan asumsi, para pemilih mau datang semua. Jika yang datang sedikit suaranya pun harus terbagi untuk tiga paslon yang ada. Saya bertemu Pak Rendra lagi agak sorean di rumahnya. Saya ketinggalan konferensi persnya. Namun ia masih mau menjawab pertanyaan-pertanyaan saya. Seperti soal perolehan suaranya yang tidak terlalu 'wah' untuk incumbent. Selamat menjalani kepemimpinan kedua. Semoga makin maju Kabupaten Malang. sylvianita widyawati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini