Juni, Taman Wisata Wendit Jadi BLU


Taman Wisata Air Wendit direncanakan Pemkab Malang akan menjadi BLU (Badan Layanan Umum). Dengan menjadi BLU, maka Wendit bisa mengurus dirinya dengan leluasa, termasuk menggaet investor. ”Dengan menjadi BLU, maka kesulitan seperti penganggaran ketika ada perbaikan-perbaikan, bisa melakukan sendiri. Kalau dengan status seperti sekarang ini kan harus melewati birokrasi yang panjang,” ujar Abdul Malik, Sekda Kabupaten Malang usai pertemuan dengan Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang di ruang kerjanya, Senin (16/1).
Malik mencontohkan seperti harus menganggarkan dalam APBD. Untuk itu, Pemkab Malang menargetkan Wendit bisa menjadi BLU pada Juni nanti. Sehingga saat ini persiapan teknis dan administrasi bisa dilakukan. Pemkab Malang mewacanakan Wendit jadi BLU sejak 2007, terutama sejak keluarnya Permendagri No 31/2005 tentang BLU. Untuk itu, pemkab sudah melakukan bertahap pada RSUD Kanjuruhan, lumbung desa dan saat ini kepada Wendit  dan berikutnya pada puskemas. Katanya, dengan menjadi BLU, maka Wendit bisa menjadi lebih profesional dalam mengelola tempat itu.
Dengan menjadi BLU, maka akan ada direktur yang bisa diisi oleh profesional swasta.
Namun untuk pengelola keuangannya masih harus diisi oleh PNS. Menurut Malik, jika sudah menjadi BLU, maka proyeksi pendapatan dalam lima tahun ke depan bisa dilihat karena hal itu sudah menjadi dalam rencana bisnis direktur yang dipilih. Katanya, saat ini sebagai UPTD yang berada dibawah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang, Wendit pada 2011  hanya bisa menyetorkan PAD sebanyak Rp 3 miliar dari target Rp 4 miliar. Tahun ini, Wendit juga masih ditargetkan Rp 4 miliar.  
Ratna Nurhayati, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malang menyatakan akan berusaha memenuhi apa yang ditargetkan Pemkab Malang terkait rencana BLU kepada Wendit. Soal penyebab setoran PAD hanya Rp 3,1 miliar dari target Rp 4 miliar, kata Ratna, ia mengaku masih belum mengetahui penyebabnya karena belum ada laporan dari UPTD.  Sedang persiapan menjadi BLU, Ratna mengaku berterus terang belum mengetahui banyak tata caranya. ”Harapan saya memang besar ke Wendit bisa dikelola secara profesional dan unjung-unjungnya nanti akan merambat pada pendapatan,” tukasnya. vie  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini