Musim Giling, Waspadai Antrean Truk Tebu


MALANG-PG Krebet Baru yang berada di Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang akan memulai musim giling tebu pada tahun ini pada 17 Mei  mendatang. Dalam selamatan menjelang musim giling, Bupati Malang, Rendra Kresna mengingatkan kepada pabrik gula milik grup Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) itu untuk mengatur surat perintah (SP)  giling secara tepat. Tujuannya agar tidak terjadi antrean di sepanjang jalan dekat pabrik gula itu. Bahkan tempat penampungan truk kadang juga sampai tidak bisa menyerap truk-truk yang ada.
“Sebab jika SP-nya tidak diatur, maka terjadi kemacetan truk-truk tebu yang antre hingga mencapai Kecamatan Gondanglegi,” kata Rendra Kresna. Karena antrean di bahu jalan, maka tak jarang memicu kemacetan selama musim giling itu.  Kemacetan itu rutin terjadi saat musim giling tebu. Di satu sisi, kelas jalan di Kabupaten Malang hanya untuk kendaraan tonase 3,5 ton. Tapi truk-truk tebu itu kadang bisa memuat daya hingga 9,5 ton.    Karena itu kerusakan jalan di Kabupaten Malang antara lain disumbang oleh truk-truk tebu kelebihan muatan. 
Apalagi lahan-lahan tebu di Kabupaten Malang berserak di sejumlah tempat. Untuk itu meminta kepada PG untuk memberikan kontribusi perbaikan jalan lewat CSR-nya.  Panjang jalan di Kabupaten Malang mencapai 9000 Km sehingga sangat menyulitkan anggaran pemerintah daerah jika ditanggulangi sendiri. Kegiatan giling tebu direncanakan mencapai 2,2 juta ton di PG Krebet Baru yang memiliki kapasitas produksi mencapai 12.000 TCD.
Di Kabupaten Malang, ada dua PG besar yang beroperasi untuk menyerap produksi tanaman tebu yaitu PG Krebet Baru dan PG Kebon Agung. Namun kapasitas PG Kebon Agung masih dibawah PG Krebet Baru yaitu mencapai sekitar 10.000 TCD. Jika mulai kegiatan giling tebu di PG Kebon Agung terkadang juga menimbulkan kemacetan meski tempat parkir truk tebu juga makin diluaskan.  vie

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini