PNS Biasa Lirik Jabatan Sekretaris Desa


MALANG-Masih banyaknya jabatan sekretaris desa (sekdes) yang kosong menjadi peluang sendiri bagi PNS Pemkab Malang.  Apalagi bagi PNS yang tidak memiliki jabatan. Karena itu banyak yang mendaftarkan diri untuk menjadi sekdes. “Umumnya yang tertarik adalah PNS staf administrasi biasa,” jelas Dwi Ilham, Kabag Tata Pemerintahan Desa Pemkab Malang, Rabu (9/5). Hasilnya, sudah ada 28 PNS Pemkab Malang yang telah mendapat SK dari Bupati Malang untuk menjadi sekdes. Sementara yang mendaftarkan ada sebanyak 30 orang. “Satu orang gugur karena golongannya kurang. Untuk jadi sekdes, minimal golongannya adalah 2A. Sementara yang gagal itu, golongan 1C,” jelas mantan Camat Ngajum ini.
Sedang satu orang yang gagal adalah karena ada dua orang yang mengincar jabatan sekdes Kebon Agung, Kecamatan Pakisaji. Tapi akhirnya oleh kades setempat dipilih salah satu. Sehingga seorang lainnya harus gugur. Dengan sudah ditempatinya jabatan 28 sekdes, maka kekurangan sekdes PNS tinggal 101 orang. Tapi menurut Dwi Ilham, kekosongan itu bisa terus bertambah karena ada sekdes yang akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat ini. Ia mencontohkan sekdes Taman Satrian, Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Katanya, sekdes ini ketika diangkat menjadi PNS saat batas usia maksimal saat itu yaitu usia 51 tahun.
Pada 2009 lalu, dari jumlah desa di Kabupaten Malang sebanyak 378 desa, ada 252 sekdes yang diangkat dalam sebagai PNS. Sisanya, 126 desa belum ada sekdes yang diangkat untuk ditempatkan di desa itu.  Jumlahnya makin bertambah karena ada yang meninggal dunia. Meski tanpa sekdes tidak terlalu  mengganggu pelayanan di desa, tapi membuat tugas kepala desa makin berat.  BKD Kabupaten Malang sendiri kesulitan mencari PNS yang mau ditempatkan di desa yang kekurangan sekdes. Sebab menjadi sekdes sangat berat karena dia harus selalu ada di desa itu. PNS yang dengan keinginannya sendiri minta jadi sekdes biasanya harus mendapat persetujuan dari kades setempat. Sylvianita widyawati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini