Tiga Candi di Malang Jadi Favorit Wisatawan


Tiga candi  menjadi favorit kunjungan wisatawan. Hal itu karena lokasinya mudah terjangkau transportasi. Sementara yang jauh dari transportasi, otomatis kurang banyak dikunjungi pengunjung. “Candi yang paling banyak dikunjungi yaitu Candi Songgoriti, Candi Singosari dan Candi Jago,” jelas Hariyoto. Koordinator Candi se Kabupaten Malang
Saya di Candi Jago Tumpang

Candi Songgoriti kini berada di Kota Batu. Sebelumnya masuk wilayah Kabupaten Malang. Kemudian Candi Singosari berada di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang dan Candi Jago berada di Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang.

Candi Songgoriti merupakan candi tertua di Jawa Timur yang dibangun pada abad 9-10. Di tengah candi itu ada sumber airnya. Candi ini menjadi sasaran pengunjung karena di kawasan ini  banyak objek wisata penunjangnya, seperti pemandian air hangat.

Ada sejumlah hotel/vila di kawasan ini. Sehingga mereka menyempatkan berkunjung ke candi. “Sebulan, jumlah wisatawannya bisa mencapai 700-1000 pengunjung. Hal itu juga terjadi di Candi Singosari,” tuturnya. Candi Singosari tak hanya dikunjungi wisatawan nusantara, tapi juga wisatawan asing.

Biasanya wisman yang ingin ke Gunung Bromo, mampir ke Candi Singosari yang sudah dikepung dengan pemukiman penduduk itu.  Hal yang sama juga terjadi di Candi Jago yang juga sudah mepet dengan kawasan pemukiman penduduk dan dekat pasar.  Total jumlah objek wisata sejarah di Malang Raya mencapai 18 objek. Ada yang berupa candi, prasasti dan patung.

Secara keseluruhan objek wisata sejarah itu dalam kelolaan BP3 Trowulan, namun banyak yang berada di wilayah Kabupaten Malang. Keberadaan benda-benda bersejarah ini juga dibutuhkan Kabupaten Malang sebagai tempat tujuan wisata. sylvianita widyawati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini