Harga Sapi Potong Jatuh, Peternak Lirik Sapi Perah

Kegiatan di pasar hewan Kepanjen, Kab Malang

Harga sapi potong lokal nampaknya sudah kurang menarik bagi peternak. Sebab harganya sudah turun menjadi Rp 21.500-Rp 22.000 per kg berat badan pada saat ini. Sebelumnya, harga sapi potong pernah mencapai Rp 24.000 per kg berat badan ketika ada larangan pemerintah untuk impor sapi.

“Kondisi ini membuat peternak sapi potong banyak yang beralih ke sapi perah,” jelas Sujono, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Selasa (4/9) di Pemkab Malang.

Menurutnya, meski harga sekarang sudah stabil setelah pencapaian angka baru itu, namun masih sulit bergerak. Salah satu kecamatan yang warganya kemudian membentuk kelompok untuk memelihara sapi perah adalah di Kecamatan Pakis. Alasan peternak memilih memelihara sapi perah adalah harga susu yang relatif stabil dan bisa diambil hasilnya setiap hari dan menjualnya di KUD. Harga susu saat ini mencapai Rp  3.200 per liter. Atas kondisi ini, pihaknya akan tetap memberikan perhatian pada peternak sapi potong seperti dengan program inseminasi.

Begitu juga untuk peternak sapi perah. Sebab kedua jenis peternak ini juga tersebar merata di Kabupaten Malang. “Pasti kita juga memberi bantuan juga ke peternah sapi perah,” ujar Sujono. Ia berencana pada 2012, pihaknya akan mengajukan bantuan ke pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan pengajuan proposal Rp 9,2 miliar untuk peternak sapi perah yang berada di sekitar Kecamatan Poncokusumo, Tumpang, Wajak dll.

Sedang untuk ke pemerintah pusat, mengajukan anggaran Rp 27 miliar untuk sapi perah, sapi potong dan kambing. “Ya, kami berusaha dulu. Masalah nanti disetujui atau tidak, setidaknya mencari jalan dulu,” ungkap Sujono. Program yang diajukan itu antara lain untuk pembangunan kandang, alat penyusuan, pos penampung susu dll yang nanti disalurkan pada kelompok-kelompok peternak,

“Selama ini, pos penampungan susu biasanya dimiliki oleh KUD yang diadakan sendiri mereka mereka,” urainya. Rencananya bantuan itu akan dihibahkan. Jumlah sapi perah di Kabupaten Malang mencapai 79.328 ekor. Sementara untuk sapi potong, jumlahnya sebanyak 124.451 ekor. vie

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini