Situs LPSE Disukai Hacker


Situs LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) barang dan jasa Kabupaten Malang sejak dilaunching pada Juni lalu ternyata disukai hacker. Beberapa kali ada nampaknya mencoba merusak situs itu. “Hackernya banyak. Kita tidak bisa menutupnya. Tapi setidaknya bisa meminimalisirnya. Apalagi kita sudah mengetahui IP (Index Protocol)-nya. Namun mungkin dilakukan lewat warnet ,” jelas Henry Tanjung, Kabag PDE (Pengelolaan Data Elektronik) Pemkab Malang, Kamis (20/10). 
Sebab serangan itu akan mengganggu sistem yang ada Misalkan ketika ada yang ingin mengunduh dan menggunggah dokumen lelang yang diinginkan. Menurut Henry, dari 38 kota/kabupaten di Jawa Timur, yang baru melaksanakan sistem lelang online baru di 26 kota/kabupaten. Di kota/kabupaten itu lain juga sering terjadi gangguan itu sehingga apa yang ingin dilaksanakan dengan baik untuk kegiatan itu menjadi terganggu. Upaya melakukan gangguan biasanya saat malam hari.
Pihaknya juga berupaya agar makin sering menyosialisasikan program e-proc agar mereka yang ingin mengikuti kegiatan lelang menjadi semakin familiar dengan program lelang lewat internet ini. Terpisah, Ricky Meinardhy, Koordinator Bindang Konsultasi LPSE Kabupaten Malang sejauh ini gangguan yang terjadi tidak sampai mengganggu pada konten/isi pada halaman situs itu. ”Kadang-kadang memang muncul gambar kosong,” jelas Ricky terpisah.
Tapi kondisi itu juga tidak terlalu sering terjadi. Namun pernah juga karena ada gangguan sistem, proyek Dinas Bina Marga akhirnya juga dinyatakan gagal karena dari empat peserta, dua bisa melakukan akses. Namun yang dua gagal. Sehingga akhirnya proyek itu batal karena minimal peserta harus tiga. Saat ini proyek lelang di LPSE seperti  program Dinas Pendidikan dari dana DAK (Dana Alokasi Khusus) untuk rehabilitasi sekolah, lelang ulang pembangunan septic tank komunal di sejumlah titik perumahan yang diadakan oleh Kantor Perumahan Kabupaten Malang.
Kata Ricky, setiap gangguan yang terjadi selalu dilaporkan ke LKPP (Lembaga Kebijaksanaan Pengadaan Jasa Pemerintah). Gangguan sistem juga muncul ketika pada Sabtu-Minggu terjadi penurunan daya listrik. Apalagi tidak ada petugas yang stand by. Namun jika masih ada yang merasa kesulitan mengguggah LPSE, pihaknya juga menyediakan bidding room yang disiapkan di depan Bagian Administrasi Pembangunan di lantai III gedung Setda Kabupaten Malang. vie

Komentar

  1. Mungkin benar, mungkin tidak. Saya tdk bisa mendown data dari LPSE Kabupaten Malang sejak tanggal 31 Oktober sampai sekarang, padahal saya bukan hacker.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini