Tiga Pasar Jadi Sasaran Survei UMK 2012



KLOJEN- Tiga pasar di Kabupaten Malang yaitu Pasar Lawang, Pasar Singosari dan Pasar Kepanjen dijadikan sasaran utnuk survei KHL (Kebutuhan Hidup Layak). Survei telah dilakukan dua pekan lalu. ”Tapi sampai sekarang masih belum ketemu angka KHL-nya karena masih dalam taraf pembahasan,” jelas Djaka Ritamtama, Kadisnaker dan Transmigrasi Kabupaten Malang, Minggu (2/10). Menurut Djaka, jika angka KHL sudah keluar ditambah dengan perkiraan inflasi, maka akan keluar angka UMK 2012.
Katanya, survei di tiga pasar itu meliputi 46 item yang mencerminkan antara lain kebutuhan sandang dan pangan.
Dipilihnya tiga pasar itu karena di tiga kecamatan itu antara lain karena di sekitarnya tinggal banyak pekerja. Sebelumnya, lanjutnya, untuk survei tidak dilakukan pada tiga pasar itu, namun sejumlah pasar lain yang ada di kecamatan lain seperti di Turen dan di Karangploso. Tapi ternyata deviasi harga di pasar yang lain juga tidak terlalu berbeda jauh. ”Misalkan harga tempat tidur di Pasar Turen, ternyata harganya tidak jauh berbeda dengan harga sejenis di Pasar Kepanjen. Akhirnya disepaki tiga pasar itu saja,” ungkapnya. Dan yang penting lagi, 46 item itu semuanya ada di tiga pasar yang disurvei oleh sejumlah unsur oleh Dewan Pengupahan Kabupaten Malang yaitu pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Disnakertrans Kabupaten Malang, serikat pekerja yaitu APSM, SBSI, SPBI dan dari unsur pengusaha yaitu Apindo dan PHRI.
Ia memastikan ada kenaikkan angka UMK 2012 sebagaimana tercermin dalam UMK-UMK sebelumnya. UMK Kabupaten Malang pada 2010 sebesar Rp 1.000.005 dan pada 2011 naik menjadi Rp 1.077.600. ”Nanti kalau sudah ketemu angka UMK-nya, kami akan mengajukan melakukan audiensi kepada Bupati Malang,” katanya. Angka pengajuan bisa tetap bisa juga berubah. ”Sebab pada dasarnya, kami hanya membuat rekomendasi. Nanti yang mengajukan ke provinsi juga atas nama Bupati Malang,” tuturnya. Batas akhir penyerahan angka UMK 2012 ke Pemprov Jatim pada 22 November nanti. Terkait penangguhan UMK pada 2011 lalu, disebut Djaka ada tujuh perusahaan. vie

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini