Nelayan Pantai Diberi Bantuan Kapal Fiber


Sebanyak 10  kapal berbahan fiber akan diberikan kepada nelayan di lima kecamatan yaitu Bantur, Tirtoyudo, Gedangan, Ampelgading dan Donomulyo.  Kapal itu berukuran tiga gros ton. ”Ini kapal kecil yang hanya diperuntukkan untuk nelayan pantai,” ujar Endang Retnowati, Kadis Perikanan dan Kelautan Kabupaten Malang, Minggu (23/10). Sebutan nelayan pantai karena mereka tidak mencari ikan sampai ke tengah laut karena ukuran kapal yang mereka gunakan sangat kecil.
Kondisi itu berbeda dengan nelayan di Pantai Sendangbiru di Kecamatan Sumbermanjing Wetan yang biasanya mmakai kapal ukuran besar karena mencari ikan hingga tengah laut, Nelayan di lima kecamatan itu hanya mencari ikan di sekitar pantai. Anggaran untuk pengadaan kapal kecil itu lewat DAK (Dana Alokasi Khusus) yang ada di SKPD-nya. Rencana 10 kapal itu akan diserahkan pada awal Desember nanti berisi juga mesin dan alat tangkap ikan. Pada 2010, nelayan di lima kecamatan itu juga mendapat bantuan kapal juga sebanyak 10 unit.
”Tujuannya juga untuk meningkatkan perekonomian mereka. Misalkan bagi nelayan yang selama ini hanya jadi ABK (anak buah kapal), maka harapan kami dengan adanya bantuan kapal ini bisa meningkat tak hanya sekedar jadi ABK,” ujarnya. Kapal itu diberikan bersifat hibah yang diserahkan kepada kelompok nelayan. Sehingga mungkin bisa berguna untuk nelayan yang tidak memiliki kapal sendiri. Jumlah nelayan pantai sebenarnya cukup banyak. Sebab di salah satu pantai, yaitu Pantai Licin memiliki setidaknya 500-an nelayan.
”Tahun 2012, kita rencanakan akan melakukan pengadaan kapal lagi. Sebab masih banyak nelayan yang membutuhkannya,” urai Atik, panggilan akrabnya. Dalam satu kelompok nelayan, biasanya terdiri atas lima hingga 10 nelayan. Meski bersifat hibah, namun mereka tetap dipantau agar jangan sampai bantuan kapal yang diberikan kepada mereka dijual. ”Kalau dijual, maka mereka juga rugi sendiri,” ujar Atik. vie   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini