Tiga Kecamatan Jadi Percontohan KRPL


MALANG-Tiga desa di tiga kecamatan yaitu Desa Sidodadi, Kecamatan Lawang kemudian Desa Girimoyo, Kecamatan Karangploso dan Desa Randugading, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang menjadi pilot project  Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).  Pencanangan KRPL dilakukan pertama kali oleh Presiden SBY pada 13 Januari lalu di Desa Kayen, Kabupaten Pacitan dan kemudian dikembangkan di kota/kabupaten di Indonesia, termasuk Kabupaten Malang.  “Nanti kalau sudah bisa berkembang baik di tiga desa itu, saya harapkan bisa dikembangkan di seluruh desa dan kecamatan di Kabupaten Malang,” ujar Ny Jajuk Rendra Kresna, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang yang melihat kesiapan Desa Girimoyo melaksanakan kegiatan itu, Senin (9/4).
KRPL adalah semacam kegiatan pemanfaatan lahan rumah-rumah penduduk yang saat ini kurang maksimal dengan berbagai jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan oleh warga sendiri.  Seperti yang dilakukan oleh Ny Mistin, warga Dusun Ngambon, Desa Girimoyo. Ia mengaku baru seminggu mulai menaman di polybag (kantung plastik) di halaman rumahnya yang tidak terlalu sempit. “Iya, ini saya tanami seledri, tomat, lombok, daun katu, bawang prei. Kalau sudah tumbuh nanti kan bisa saya lanfaatkan sendiri,” tutur Mistin. Sementara yang lahannya luas, warga masih ditanami aneka sayur  dan buah secara leluasa. Camat Karangploso menyatakan pihaknya masih taraf sosialisasi ke warga terkait program ini dan pengenalan terhadap berbagai jenis sayur-sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk keluarga mereka.
Jajuk ketika menyambangi rumah warga dan melihat halaman pekarangan mereka melaksanakan program itu. “Kalau ada ember-ember jebol dimanfaatkan saja. Nanti bibitnya saya bantu. Kalau semua rumah sudah memiliki tanaman sendiri, kan tidak panas seperti sekarang ini,” ujarnya kepada warga Desa Girimoyo.  Termasuk juga pemanfaatkan tembok-tembok gang namun harus persetujuan dulu dengan pemilik rumah untuk ditanami sehingga masuk gang juga tidak gersang. Gatot Basuki, Kepala UPT Balai Penyuluhan Karangploso mengatakan karena  Desa Girimoyo semi kota, maka warga disarankan menanam jenis sayur-sayuran yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan dapur di pekarangan rumah.
 Ditambahkan Jajuk, jika nanti semuanya berkembang, maka pihaknya juga harus memikirkan langkah bagaimana agar produk-produk yang kemudian berkembang di KRPL bisa memiliki nilai lebih. “Misalkan kami nanti akan memberikan pelatihan. Contohnya ketika produk sawi kemudian booming, mungkin bisa dimanfaatkan untuk keripik dsb atau tanaman organik lainnya bisa dibuat minuman yang menyehatkan,” ujar istri Bupati Malang ini. Menurutnya, pemilihan tiga desa di tiga kecamatan itu karena sebelumnya sudah berjalan sehingga perlu dilanjutkan lagi. “Sehingga tidak memulai dari baru,” katanya. vie 
   

Komentar

  1. ada yang lebih dari sekedar memanfaatkan lahan pekarangandisekitar rumah..
    yaitu : dengan adanya program KRPL di Girimoyo maka Girimoyo menjadi tujuan wisata pangan se Indonesia, karena program KRPL di Girimoyo sangat tepat guna... bgitu gan..

    BalasHapus
  2. sayangnya kok gak jalan ya.... -_-"

    BalasHapus
  3. program itu belum sesuai dengan apa yang direncanakan, mudah2an ke depannya lebih baik ......

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini