2012, 10-15 Dusun Akan Diterangi Listrik


Dinas ESDM Kabupaten Malang akan terus menuntaskan target penerangan untuk dusun-dusun yang belum dialiri listrik. Tahun ini, dinas ini mengajukan anggaran ke Kementrian ESDM untuk menerangi 38 dusun. ”Tapi kemungkinan yang disetujui sekitar 10-15 dusun,” kata Budi Iswoyo, Kadis ESDM Kabupaten Malang, Rabu (7/3). Namun ia tidak menyebutkan anggarannya. Harapannya, memang sebanyak 38 dusun itu bisa diterangi. Tapi mungkin karena keterbatasan anggaran, tidak semuanya bisa direalisasi. Sementara jika menggunakan APBD, juga memiliki keterbatasan. Menurut Budi Iswoyo, pada 2011, sebanyak 29 dusun sudah diterangi listriknya.
Kemudian pada 2012, diusulkan lagi untuk 38 dusun. Terpisah, Eru Priyambodo, Camat Poncokusumo menyatakan di wilayahnya ada dua dusun yang masih belum mendapat penerangan listrik. Dua dusun itu adalah Dusun Sumberdewo, Desa Sumberejo yang dihuni sebanyak 100 KK atau 3 RT. ”Namun di dusun ini ya tidak gelap sekali. Sebab ada warga yang mengambil listrik dari dusun terdekat, yaitu Dusun Aran-aran,” jelas Eru.
Selain itu juga Dusun Sukosari, Desa Pandasari yang berara di lereng Gunung Semeru juga masih belum dialiri listrik.
Di dusun ini tinggal sebanyak 237 KK atau meliputi dua RW. Untuk itu, warga mengambil listri dari Dusun Wonosari. ”Tapi sekarang sudah ada dipasangi jaringan listrik. Tinggal menyalurkan ke rumah-rumah,” ujarnya. Informasi yang ia dapatkan, pada April ini, kawasan itu sudah akan menyala. Ia berharap, jika sudah ada aliran listrik untuk warganya, kesejahteraan meningkatkan perekonomian warga yang mengandalkan hidupnya dari pertanian dan perkebunan apel itu. Selain itu juga diharapkan bisa menurunkan angka putus sekolah. ”Mungkin jika sudah ada listrik, anak-anak juga semangat belajarnya tinggi karena selalu ada penerangan listrik sehingga tidak banyak angka putus sekolahnya,” urainya.
38 dusun yang belum mendapat aliran listrik berada di 13 kecamatan. Diharapkan dusun yang mendapat kesempatan pertama teraliri listrik yaitu dusun yang dekat dengan wilayah perkotaan dan dekat dengan saluran udara tegangan rendah (SUTR). Salah satunya yang dekat wilayah perkotaan adalah Dusun Putukrejo, Dewa Wadung, Kecamatan Pakisaji. Di dusun ini dihuni oleh 87 kepala keluarga (KK) dan diperkirakan membutuhkan 33 tiang listrik dari SUTR terdekat yang berjarak sekitar 1,5 kilometer. Dusun-dusun itu antara lain berada di Kecamatan Karangploso, Tajinan, Wajak, Pujon, Poncokusumo, Ampelgading dll. vie


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini