Sekolah Memprihatinkan Diusulkan Dapat DAK 2012


SDN Sumbersuko 3 Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang akan diusulkan mendapat DAK 2012. Ini setelah ia melihat sendiri enam lokal di SDN  itu memang sudah memprihatinkan. Karena kelasnya tidak layak dipakai, siswanya harus berdesak-desakan di dua lokal kelas di SDN Sumbersuko 1.  “Satu kelas ada yang sampai 60 siswa,” ujar Wahyudi, Kabid TK SD Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Kamis (15/3). Dua SDN itu memang berdekatan. Bahkan sudah direncanakan oleh Dindik,  SDN Sumbersuko 3 akan dimerger dengan SDN Sumbersuko 1. Meski realitanya sudah bergabung belajar bersama begitu juga dengan gurunya, tapi secara legal belum disahkan oleh Bupati Malang lewat SK merger.
Harapan Wahyud, jika gedung di SDN Sumbersuko 3 diperbaiki, maka siswanya tidak perlu berada di kelas dalam jumlah banyak. Prioritas pihaknya untuk memberikan DAK 2012 ini memang kepada sekolah-sekolah yang benar-benar kondisinya memprihatinkan. “Seperti di SDN Sumbersuko 3, meski tanpa pengajuan DAK kepada kami, nanti kami usulkan karena memang kondisinya perlu perbaikan,” katanya. Saat ini pihaknya masih menginventarisir sekolah-sekolah yang layak mendapat perbaikan dengan anggaran DAK. Rencananya, tiap kecamatan setidaknya ada tidak sekolah yang ingin dikucuri DAK.
Sementara Bupati Malang, Rendra Kresna mengaku belum pernah mendapat surat permohonan terkait rencana merger dua SDN itu. “Mungkin pernah dikirimkan pada zaman pak Sujud dulu (bupati periode sebelumnya). Sebaiknya dindik mengajukan lagi  kepada saya karena kalau kondisinya memang harus dimerger, saya akan menyetujui,” kata bupati. Rencana melakukan merger itu karena jumlah siswa terus menurun di SDN Sumbersuko 3. Katanya, jika jumlah total siswa kurang dari 90 orang, maka berarti operasional sekolah juga tidak efisien.  Sehingga lebih baik dimergerkan dengan sekolah terdekatnya. 
Kata Wahyudi, data terakhir di Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, saat ini jumlah SDN di Kabupaten Malang sebanyak 1.115 sekolah yang tercatat akan mengikuti ujian nasional.  Dari sebelumnya mencapai 1.117 SDN.  Selain di SDN Sumbersuko 3, juga ada SDN Petungsewu Wagir yang akan dimerger dindik. Karena itu data SDN-nya sudah berkurang. Informasinya, gedung yang rusak di SDN Sumbersuko 3 itu merupakan proyek DAK 2007.   vie
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini