Minggu Ini Inspektorat Turun Ke SMPN 1 Pakis


MALANG-Minggu ini, Tim Independen Pemantau PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) yang dibentuk oleh Bupati Malang, Rendra Kresna akan turun ke SMPN 1 Pakis, Kabupaten Malang. Tim itu terdiri atas Inspektorat Kabupaten Malang, Bagian Hukum, Asisten Pemerintahan dan staf ahli bupati. Tim baru dibentuk oleh bupati pada pekan lalu itu minus personel dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. “Kami akan melakukan pemeriksaan disana pada pihak-pihak terkait,” jelas Didik Budi Mulyono, Inspektur Kabupaten Malang, Minggu (13/7/2012). 
Kasus yang diperiksa inspektorat mengenai tidak diterimanya calon siswa di SMPN 1 Pakis setelah paman calon siswa , Agus Mulyono mempertanyakan kepada sekolah tentang transparansi pembayaran uang Rp 1 juta namun hanya didapat kuintasi bertuliskan  Rp 455.000 untuk uang seragam. Setelah menanyakan itu, calon siswa tersebut malah tidak diterima dan uang yang sudah terlanjur dibayarkan dikembalikan lagi oleh sekolah. Begitu juga bukti kuitansinya. Calon siswa itu akan diterima di sekolah itu meski memiliki NUN dibawah standar penerimaan sekolah, yaitu 23,90 namun dengan membayar Rp 2 juta.
Agus Mulyono berharap dari hasil pemeriksaan langsung di lapangan, tim bisa memberikan sanksi sehingga hal ini bisa memberikan warning kepada para kepala sekolah lainnya untuk tidak bermain-main dalam PPDB.  “Setiap tahunnya selalu ada saja cara dari sekolah untuk menggunakan PPDB sebagai ATM. Jika tim ini turun dan memberikan sanksi, maka bisa sebagai pembelajaran buat para pendidik untuk tidak main-main dalam PPDB,” tutur Agus.  Bupati Malang, Rendra Kresna menyatakan tidak segan memberikan sanksi jika ditemukan pelanggaran dalam PPDB.  Namun ke depannya,  karena setiap PPDB selalu muncul berbagai permasalahan, maka ia meminta ke dinas pendidikan, PGRI dan dewan pendidikan untuk menjadi mitra saat PPDB.  Sylvianita widyawati



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini