Minggu, 01 Juli 2012

2013, Anggaran Infrastruktur Rp 250 Miliar

MALANG-Pembangunan infrastruktur masih menjadi prioritas pada 2013 nanti. Hal itu terungkap dalam penyampaian KUA PPAS (Kebijakan Umum Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara) 2013 oleh Bupati Malang, Rendra Kresna di DPRD Kabupaten Malang, Rabu (27/6/2012).
Untuk itu, direncanakan alokasi anggaran sebesar Rp 250 miliar pada 2013. Targetnya, selain untuk memperbaiki jalan-jalan desa juga jalan-jalan kabupaten. "Selama ini perbaikan banyak di jalan-jalan pedesaan. Tapi nanti juga jalan kabupaten seperti di Karangploso ke Batu, Blimbing (Kota Malang) ke Tumpang, Turen dsb," jelas bupati pada wartawan. Kata Rendra, dengan pembangunan infrastruktur nanti juga berdampak kepada pendidikan, pertanian,  pariwisata dll. Meski begitu, anggaran untuk pendidikan dan kesehatan juga tetap mendapat perhatian seperti biasanya. Terpisah, M Anwar, Kadis Bina Marga Kabupaten Malang menyataan, rencana alokasi anggaran Rp 250 miliar itu tak hanya untuk jalan, jembatan, tapi juga PJU, drainase hingga gaji pegawai. "Tapi memang benar akan kita fokuskan untuk melanjutkan pembangunan jalan strategis yang saat ini belum selesai," tutur Anwar. Ia mencontohkan jalan Krebet Bululawang-Gondanglegi sepanjang 10 km, masih kurang 3 km lagi. Maka alokasinya harus dilakukan lagi pada 2013. Selain itu juga prioritas pembangunan jalan-jalan perbatasan dengan daerah lain seperti yang akan ke Kabupaten Blitar dan Kota Malang.
Sedang untuk jembatan, diprioritaskan pada pelebaran jembatan yang saat ini masih tiga meter menjadi lima meter sehingga bisa menjadi dua arah. "Sebenarnya, 95 persen kondisi jembatan baik. Tapi banyak yang perlu dilebarkan," urai Anwar. Meski Rp 250 miliar terlihat besar, namun mengingat panjang jalan Kabupaten Malang mencapai 9000 Km dan banyak sirip jalannya, mana sangat wajar jika anggaran infrastruktur sangat besar. Menurutnya, pada tahun ini, Dinas Bina Marga mendapat anggaran Rp 225 miliar antara lain untuk pembangunan dan perbaikan jalan sepanjang 180 km dan perbaikan 15 jembatan. Sylvianita Widyawati

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar