Dindik Siapkan Unas Kesetaraan


MALANG-Dinas Pendidikan Kabupaten Malang sudah menyiapkan kegiatan ujian nasional pendidikan kesetaraan program paket A (setara SD) , B (setara SMP)  dan C (setara SMA). Peserta ujian  adalah masyarakat yang mengikuti paket A, B, dan C di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Mengajar), pondok pesantren juga diikuti peserta yang tidak lulus unas SMP dan SMA beberapa waktu lalu.  “Untuk siswa SMP yang tidak lulus unas dan mengikuti paket B sebanyak 29 anak. Sedang untuk paket C sebanyak delapan orang,” tutur Sri Astuti Andayani, Kabid Pendidikan Luar Sekolah (PLS) Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Selasa (3/7).
Menurut Tutik, panggilan akrabnya, peserta unas paket A sebanyak 268 orang, paket B sebanyak 1.626 peserta dan unas paket C sebanyak 1.662 peserta. Untuk paket A dan B akan diadakan pada 16 Juli hingga 18 Juli 2012. Sedang untuk unas kesetaraan paket C pada 9 Juli hingga 12 Juli nanti. Soal-soal unas akan disiapkan oleh Dindik Provinsi Jawa Timur. “Meski unas kesetaraan, namun prosedur pengambilan naskah atau ujian soal unas kesetaraan juga ketat. Kami juga melibatkan polisi,” tutur Tutik. Rencananya, naskah untuk unas kesetaraan paket C akan diambil pada 6 Juli nanti di Surabaya.
Selanjutnya pada 7 Juli akan distribusikan ke polsek-polsek di Kabupaten Malang. Hasil dari keseluruhan unas kesetaraan diperkirakan akan keluar pada Agustus nanti.  Katanya, dengan adanya unas kesetaraan, maka pihaknya bisa memberi ruang bagi mereka yang tidak menjalankan pendidikan formal. Jika mereka lulus dalam unas kesetaraan, maka ijazahnya yang setara itu juga bisa dipergunakan mereka nantinya sesuai kepentingan mereka.  Katanya, untuk unas paket A diikuti dari delapan PKBM. Sedang unas paket B diikuti peserta dari 30 PKBM dan peserta unas paket C berasal dari 32 PKBM.
“Mereka berasal dari 28 dari 33 kecamatan di Kabupaten Malang. Kebetulan ada lima kecamatan yang PKBM-nya tidak mengikuti unas keseteraan pada tahun ini,” ujarnya. PKBM yang tidak mengikuti unas kesetaraan adalah dari Kecamatan Kalipare, Pagak, Ngajum, Sumberpucung dan Pagelaran. Ia berharap, seperti tahun-tahun sebelumnya, peserta unas kesetaraan paket A,B dan C bisa lulus semua. Sylvianita Widyawati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini