Tarif Promo Komuter Lawang-Kepanjen Rp 10.000

MALANG-Hasil rapat mengenai tarif komuter jurusan Lawang-Kepanjen sudah final yaitu Rp 12.000. Sedang untuk jurusan Surabaya-Kepanjen sebesar Rp 35.000. Namun selama masa promo sebulan ketika komuter ini dioperasionalkan, masyarakat mendapat tarif lebih murah. Hal itu dijelaskan oleh Nazar T Selian, Kadishubkominfo Kabupaten Malang, Kamis (21/6/2012).
"Tarif promonya nanti untuk rute Lawang-Kepanjen sebesar Rp 10.000 per orang. Sedang tarif promo untuk Surabaya-Kepanjen sebesar Rp 32.000," ujar Nazar ditemui di ruang kerjanya. Tarif itu dengan asumsi tingkat keterisian komuter mencapai 70 persen.
Asumsi load factor 70 persen karena masih belum diketahui animo masyarakat terhadap komuter ini. Selain itu, tarif promo biasanya diberlakukan ketika ada kereta api baru dan trayek baru. Tarif relatif tinggi karena komuter Lawang-Kepanjen bukan jenis ekonomi karena dilengkapi AC. Beda dengan komuter jurusan Surabaya-Sidoarjo.  Dijelaskan Nazar, meski nantinya tingkat keterisian komuter misalkan mencapai 40 atau 50 persen, namun PT KAI akan tetap mengoperasionalkannya.
Yang jelas, komuter ini akan beroperasi sebanyak empat kali PP, yaitu yaitu dua kali PP pada pagi hari dan dua kali PP pada sore hari. "Untuk jam pertama kali tiba di Kepanjen pada pukul 07.25 WIB. Sedang jam terakhir komuter meninggalkan Kepanjen pada pukul 15.30 WIB," papar Nazar. Katanya, saat berangkat ke Kepanjen, komuter tidak akan mampir ke Stasiun Pakisaji. Namun baru mampir ke stasiun itu saat komuter menuju Lawang," ujarnya. Sylvianita widyawati

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini