KPU Kabupaten Malang Minta Hibah Lahan


MALANG-KPU Kabupaten Malang ingin memiliki kantor sendiri. Selama ini, kantornya masih menumpang di salah satu gedung di office block Pemkab Malang di Jalan Panji, Kepanjen. Untuk itu, KPU mengajukan hibah lahan ke Pemkab Malang sejak bulan lalu. “Kalau sudah ada lahannya, nanti untuk pembangunan fisiknya, akan dibangun dengan dana dari KPU sendiri,” jelas Totok Hariyono, Divisi Humas KPU Kabupaten Malang, Senin (30/7/2012).  Sejauh ini belum ada jawaban resmi dari Bupati Malang, Rendra Kresna mengenai permintaan hibah lahan ini.
Kantor KPU Kabupaten Malang di Kepanjen
Namun nampaknya permintaan KPU itu mendapat lampu hijau. Sebab bupati memberikan informasi soal lahan-lahan Pemkab Malang.  “Pak bupati sudah memberikan dua alternatif lahan yaitu di lahan kosong sebelah kantor PCNU Kabupaten Malang di Kepanjen sama satu lagi bekas kantor DLLAJR juga di Kepanjen,” tutur Totok. Namun mana yang akhirnya dipilihkan, ia masih belum tahu. Ia berharap, permintaan itu segera direalisasikan agar KPU bisa membangun gedung sendiri. Sedang alasan ingin memiliki kantor sendiri yaitu untuk independensi. Selain itu, kantor sekarang juga masih kurang representative karena terlalu kecil.
Bahkan garasi mobil di kantor KPU difungsikan sebagai gudang logistik. “Kalau bisa, kantor KPU bisa direalisasikan pada tahun ini,” harap Totok. Terpisah, Abdul Qodir, Sekretaris KPU Kabupaten Malang menyatakan belum mengetahui soal anggaran pembangunan kantor KPU nantinya. Jika persoalan hibah lahan disetujui Pemkab Malang , maka KPU Kabupaten Malang baru mengajukan anggaran ke KPU pusat. “Jadi harus menunggu surat NPHD (nota perjanjian hibah daerah) dulu, baru diajukan ke KPU pusat untuk pembangunan gedungnya,” tambah Qodir.
Berdasarkan peraturan KPU Np 4 Tahun 2011 tentang pedoman standar gedung kantor KPU pada pasal 15, kategori tipe satu dengan memiliki luas tanah minimal 1000 meter persegi. Sedang dasar masalah hibah adalah menggunakan  peraturan menteri keuangan no 168/PMK.7/2008 pasal 26. Sylvianita Widyawati 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pejabat Pemkab Malang Terlibat Pembunuhan Janda (1)

Ke Makam Troloyo Mojokerto

Meraup Untung Dari Si Mini